Jumat, 08 Juni 2018

Ciri-ciri Online Shop Terpercaya


Grosir Aplikasi – Berbelanja secara online menjadi suatu kewajiban bagi kaum milenial, apalagi untuk generasi 90-an. Selain sangat lengkap, online shop juga menawarkan harga sangat sangat bersaing. Bayangkan satu produk saja bisa mempunyai harga yang sangat variatif. Mulai dari selisih Rp. 100, 500 hingga ribuan. Bagi para pemburu barang murah selisih harga berapapun sangat diperhitungkan, apalagi kalau barang yang hendak dibeli itu akan dijual kembali (baca: reseller) maka faktor harga akan dijadikan pertimbangan yang matang.

Ilustrasi



Nahh... kali ini Mas Min akan membagikan pengalaman Mas Min sebagai online shoper sejak kurang lebih 4 tahun lalu. Di manapun Mas Min singgah biasanya akan menjadi virus menjamurnya online shoper.,hehe karena memang Mas Min sangat berbakat mempengaruhi orang lain. Memang sangat sulit mengajak orang untuk berpikir lebih praktis, apalagi para orang tua. Hmmmm.... perasaan takut lebih banyak membayangi mereka. Berkaitan dengan online shop, maka kebanyakan mereka takut ketipulah, takut barang nggak nyampelah, takut barang nggak sesuai harapanlah dan kronikroninya. Tapi dari pengalaman Mas Min ternyata sangat mudah mencari online shop yang terpercaya. Pas kebetulan tema artikel kali ini sangat relevan dengan apa yang ada  di pikiran Mas Min. Oke dehh langsung saja kita senggol apa saja kriteria online shop itu terpercaya:

Lihat Katalog Produknya

Katalog


Sebelum sobat Mas Min membeli barang secara online di online shop, sebaiknya sobat melihat dulu katalog produknya. Toko online yang baik akan memasang beberapa katalog secara lengkap. Mulai dari deskripsi produk, prosedur pemesanan (baik ecer maupun grosir), menganjurkan menghubungi pihak admin sebelum memesan dan meminta sobat untuk menuliskan spesifikasi produk yang dipesan secara jelas. Nahh.. itu contohnya, contoh nii, kalau sobat mau beli produk di online shop yang iklannya pak Jokowi itu, coba saja sobat buka produk yang mau sobat beli. Lihat di bagian deskripsi. Biasanya online shop yang benar-benar jujur akan cenderung ketat dalam memberikan aturan dan prosedur pemesanan. Karena itu semua demi reputasi toko dan menjaga kepercayaan pelanggan.

Online shop Terpercaya Cenderung Ketat dalam Prosedur Pemesanan

Ketat

Pengalaman Mas Min pas mau pesen HP di Shope* yahh, itu si admin nulis peraturan dan prosedur pemesanan panjang kali lebar. Mas Min jadi bingung dan agak takut. Tapi Mas Min memberanikan diri untuk mengontak si admin. Dan ternyata benar, aturan dan prosedur itu dibuat untuk menjaga reputasi dan kenyamanan pelanggan pada toko tersebut. Si admin cerita kalau dia sehari bisa menjual puluhan bahkan ratusan produknya di Shope*, makanya aturannya panjang dan lebar. Selain itu, komplain pelangganlah yang mempengaruhi banyaknya aturan itu. Jadi semacam evaluasi kesalahan yang kemudian dijadikan pembelajaran dan dituangkan dalam bentuk aturan baru toko tersebut.

Chat Admin Sebelum Memesan Barang

Chat


Ini nihh yang sangat penting, karena Mas Min juga kebetulan seorang seller tekstil.,hehe Brand Mas Min lumayan terkenal sihh wkwkwk. Mas Min biasa menghadapi berbagai macam karakter calon pembeli. Mulai dari yang suka tanya-tanya doang, iseng-iseng atau memang langsung beli tanpa chat terlebih dahulu. Sebaiknya bagi sobat sebelum memesan barang, kontaklah si admin melalui chat yang disediakan oleh aplikasi online shop. Apa fungsinya?. Sebagai contoh sobat pake aplikasi shope* yahh, cobalah sobat mengechat salah satu admin pada salah satu produknya. Ketika sobat bertanya melalui chat tersebut maka akan muncul notifikasi atau jelasnya rules sebelum memesan atau kapan admin akan membalas chat sobat. Nahhh... baca tuhh rules atau peraturan itu, penting banget. Semakin panjang biasanya tuhh toko semakin baik. Karena seperti yang telah Mas Min sampaikan di atas bahwa toko online yang sangat berhati-hati dan menjaga kepercayaan pelanggan cenderung akan membuat peraturan yang lebih ketat dan penjang lebar.

Lihat Penilaian dan Testimoni Pelanggan

Penilaian

Yang satu ini jelas WAJIBBB sobat lakukan sebelum memesan produk. Mas Min yakin sobat semua suka barang yang murah dan banyak pembelinya. Termasuk di toko online, yaa kan?. Tapi sebentar, sebelum sobat benar-benar memesan di toko dengan kriteria itu, sobat juga harus mengecek testimoni produk yang murah dan laris tersebut. Kalau di shope* tuhh di bagian bawah. Biasanya pihak toko online dalam hal ini shope* sudah menyediakan kalimat untuk menilai si penjual. Nahhh... carilah seller dengan kalimat-kalimat yang baik. Ada juga pemberian bintang lima, empat, tiga, dua atau satu. Kalau toko yang laris biasanya variatif jumlah bintang dari masing-masing pelanggannya, namun memang kebanyakan lima. Biasanya ada pelanggan yang memeberikan satu bintang. Mungkin karena warna produk yang dikirimkan kurang sesuai. Namun menurut Mas Min itu hal biasa, yang terpenting pihak toko meresponnya dengan baik.


Online shop Terpercaya Tidak Menjual Barang yang Harganya Jauh di Bawah Pasaran

Barang murah

Beberapa bulan lalu Mas Min nyari-nyari kulkas sama mesin cuci di online shop terpercaya kaya Lazad*, Shope*, Bukalapa* dan Tokopedi*. Mas Min merasa terkejut sampe hampir nyemplung got, karena ada kulkas yang harganya di bawah satu juta. Padahal pas Mas Min cek di toko-toko elektronik harganya dua juta lebih. Hampir Mas Min pesan tuhh barang, tapi Mas Min liat kok nggak ada penilaian dan testimoni. Lokasinya juga sangat jauh, kalau nggak salah di riau, meskipun ada fitur free ongkir sihh. Setelah Mas Min amati dalam-dalam dan melihat katalog produknya, lumayan banyak sih tapi yaa itu nggak ada yang beli dan komentar. Waktu Mas Min coba japri (baca: jawab pribadi) via chat juga nggak dibales. Belakangan seller-seller yang seperti itu sudah dibekukan oleh pihak admin aplikasi. Karena ternyata mereka itu penipu. Akunnya juga hampir merata, di setiap online shop ada. Dan memang harganya sangat menggiurkan.

Nahhh... bagi sobat yang melihat kasus yang sama, nggak usah ragu-ragu. Langsung tingggalin tuhh toko, jangan sampai sobat tertipu kemudian memberikan stigma bahwa belanja secara online itu berbahaya. Untungnya Mas Min mau curhat begini yahhh.,hehe yaa itung-itung berbagi pengalaman sama sobat Mas Min, kan dapet pahala.,hehe kalau Mas Min nggak muluk-muluk niatnya. Yang penting hal buruk yang pernah terjadi sama Mas Min jangan sampai menimpa ke orang lain. Salah satunya dengan berbagi artikel sehat seperti ini. Memang capek ngetiknya, tapi akan lebih capek dan kepikiran kalau sobat sedulur semua kena musibah. Sebagai warga Indonesia yang baik kan harus turut merasa sedih.,hehe

Oke dehhh sobat Mas Min... mungkin itu artikel pendek yang bisa Mas Min bagikan buat sobat semua. Semoga bermanfaat buat kelangsungan ekosistem kaum milenial.,hehe jangan lupa untuk SHARE, FOLLOW dan memberikan KOMENTAR pada kolom yang tersedia. Bagikan ke temen-temen sobat yahh... insyaallah sobat kebagian pahalanya deh.,hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar