Grosir Aplikasi – Berbelanja
secara online menjadi suatu kewajiban bagi kaum milenial, apalagi untuk
generasi 90-an. Selain sangat lengkap, online shop juga
menawarkan harga sangat sangat bersaing. Bayangkan satu produk saja bisa
mempunyai harga yang sangat variatif. Mulai dari selisih Rp. 100, 500 hingga
ribuan. Bagi para pemburu barang murah selisih harga berapapun sangat
diperhitungkan, apalagi kalau barang yang hendak dibeli itu akan dijual kembali
(baca: reseller) maka faktor harga akan dijadikan pertimbangan yang matang.
Ilustrasi |
Baca juga: BisnisTanpa Modal dengan Hasil Luar Biasa
Nahh... kali ini Mas Min akan
membagikan pengalaman Mas Min sebagai online shoper sejak kurang
lebih 4 tahun lalu. Di manapun Mas Min singgah biasanya akan menjadi virus
menjamurnya online shoper.,hehe karena memang Mas Min sangat
berbakat mempengaruhi orang lain. Memang sangat sulit mengajak orang untuk
berpikir lebih praktis, apalagi para orang tua. Hmmmm.... perasaan takut lebih
banyak membayangi mereka. Berkaitan dengan online shop, maka
kebanyakan mereka takut ketipulah, takut barang nggak nyampelah, takut barang
nggak sesuai harapanlah dan kronikroninya. Tapi dari pengalaman Mas Min
ternyata sangat mudah mencari online shop yang terpercaya. Pas kebetulan
tema artikel kali ini sangat relevan dengan apa yang ada di pikiran Mas Min. Oke dehh langsung saja
kita senggol apa saja kriteria online shop itu terpercaya:
Lihat Katalog Produknya
Katalog |
Sebelum sobat Mas Min membeli
barang secara online di online shop, sebaiknya sobat
melihat dulu katalog produknya. Toko online yang baik akan memasang
beberapa katalog secara lengkap. Mulai dari deskripsi produk, prosedur
pemesanan (baik ecer maupun grosir), menganjurkan menghubungi pihak admin sebelum
memesan dan meminta sobat untuk menuliskan spesifikasi produk yang dipesan
secara jelas. Nahh.. itu contohnya, contoh nii, kalau sobat mau beli produk di online
shop yang iklannya pak Jokowi itu, coba saja sobat buka produk yang mau
sobat beli. Lihat di bagian deskripsi. Biasanya online shop yang
benar-benar jujur akan cenderung ketat dalam memberikan aturan dan prosedur
pemesanan. Karena itu semua demi reputasi toko dan menjaga kepercayaan
pelanggan.
Online shop Terpercaya
Cenderung Ketat dalam Prosedur Pemesanan
Ketat |
Pengalaman Mas Min pas mau pesen
HP di Shope* yahh, itu si admin nulis peraturan dan prosedur pemesanan panjang
kali lebar. Mas Min jadi bingung dan agak takut. Tapi Mas Min memberanikan diri
untuk mengontak si admin. Dan ternyata benar, aturan dan prosedur itu dibuat
untuk menjaga reputasi dan kenyamanan pelanggan pada toko tersebut. Si admin
cerita kalau dia sehari bisa menjual puluhan bahkan ratusan produknya di
Shope*, makanya aturannya panjang dan lebar. Selain itu, komplain pelangganlah
yang mempengaruhi banyaknya aturan itu. Jadi semacam evaluasi kesalahan yang
kemudian dijadikan pembelajaran dan dituangkan dalam bentuk aturan baru toko
tersebut.
Chat Admin Sebelum Memesan
Barang
Chat |
Baca juga: AplikasiAndroid Wajib untuk Ibu Rumah Tangga
Ini nihh yang sangat penting,
karena Mas Min juga kebetulan seorang seller tekstil.,hehe Brand Mas Min
lumayan terkenal sihh wkwkwk. Mas Min biasa menghadapi berbagai macam karakter
calon pembeli. Mulai dari yang suka tanya-tanya doang, iseng-iseng atau memang
langsung beli tanpa chat terlebih dahulu. Sebaiknya bagi sobat sebelum memesan
barang, kontaklah si admin melalui chat yang disediakan oleh aplikasi online
shop. Apa fungsinya?. Sebagai contoh sobat pake aplikasi shope* yahh,
cobalah sobat mengechat salah satu admin pada salah satu produknya. Ketika sobat
bertanya melalui chat tersebut maka akan muncul notifikasi atau jelasnya rules
sebelum memesan atau kapan admin akan membalas chat sobat. Nahhh... baca tuhh
rules atau peraturan itu, penting banget. Semakin panjang biasanya tuhh toko
semakin baik. Karena seperti yang telah Mas Min sampaikan di atas bahwa toko online
yang sangat berhati-hati dan menjaga kepercayaan pelanggan cenderung akan
membuat peraturan yang lebih ketat dan penjang lebar.
Lihat Penilaian dan Testimoni
Pelanggan
Penilaian |
Yang satu ini jelas WAJIBBB sobat
lakukan sebelum memesan produk. Mas Min yakin sobat semua suka barang yang
murah dan banyak pembelinya. Termasuk di toko online, yaa kan?. Tapi sebentar,
sebelum sobat benar-benar memesan di toko dengan kriteria itu, sobat juga harus
mengecek testimoni produk yang murah dan laris tersebut. Kalau di shope* tuhh
di bagian bawah. Biasanya pihak toko online dalam hal ini shope* sudah
menyediakan kalimat untuk menilai si penjual. Nahhh... carilah seller dengan
kalimat-kalimat yang baik. Ada juga pemberian bintang lima, empat, tiga, dua
atau satu. Kalau toko yang laris biasanya variatif jumlah bintang dari
masing-masing pelanggannya, namun memang kebanyakan lima. Biasanya ada pelanggan
yang memeberikan satu bintang. Mungkin karena warna produk yang dikirimkan
kurang sesuai. Namun menurut Mas Min itu hal biasa, yang terpenting pihak toko
meresponnya dengan baik.
Online shop
Terpercaya Tidak Menjual Barang yang Harganya Jauh di Bawah Pasaran
Barang murah |
Beberapa bulan lalu Mas Min
nyari-nyari kulkas sama mesin cuci di online shop terpercaya kaya
Lazad*, Shope*, Bukalapa* dan Tokopedi*. Mas Min merasa terkejut sampe hampir
nyemplung got, karena ada kulkas yang harganya di bawah satu juta. Padahal pas Mas
Min cek di toko-toko elektronik harganya dua juta lebih. Hampir Mas Min pesan
tuhh barang, tapi Mas Min liat kok nggak ada penilaian dan testimoni. Lokasinya
juga sangat jauh, kalau nggak salah di riau, meskipun ada fitur free ongkir
sihh. Setelah Mas Min amati dalam-dalam dan melihat katalog produknya, lumayan
banyak sih tapi yaa itu nggak ada yang beli dan komentar. Waktu Mas Min coba
japri (baca: jawab pribadi) via chat juga nggak dibales. Belakangan seller-seller
yang seperti itu sudah dibekukan oleh pihak admin aplikasi. Karena ternyata
mereka itu penipu. Akunnya juga hampir merata, di setiap online shop
ada. Dan memang harganya sangat menggiurkan.
Nahhh... bagi sobat yang melihat
kasus yang sama, nggak usah ragu-ragu. Langsung tingggalin tuhh toko, jangan
sampai sobat tertipu kemudian memberikan stigma bahwa belanja secara online
itu berbahaya. Untungnya Mas Min mau curhat begini yahhh.,hehe yaa itung-itung
berbagi pengalaman sama sobat Mas Min, kan dapet pahala.,hehe kalau Mas Min
nggak muluk-muluk niatnya. Yang penting hal buruk yang pernah terjadi sama Mas
Min jangan sampai menimpa ke orang lain. Salah satunya dengan berbagi artikel
sehat seperti ini. Memang capek ngetiknya, tapi akan lebih capek dan kepikiran
kalau sobat sedulur semua kena musibah. Sebagai warga Indonesia yang baik kan
harus turut merasa sedih.,hehe
Oke dehhh sobat Mas Min...
mungkin itu artikel pendek yang bisa Mas Min bagikan buat sobat semua. Semoga bermanfaat
buat kelangsungan ekosistem kaum milenial.,hehe jangan lupa untuk SHARE, FOLLOW
dan memberikan KOMENTAR pada kolom yang tersedia. Bagikan ke temen-temen sobat
yahh... insyaallah sobat kebagian pahalanya deh.,hehe
Baca juga: Cara Memperoleh Uang dari Internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar